top of page
Search
  • irhammaulanaagres

Kuasai Windows 10 Lebih Cepat dengan 11 Trik Rahasia Ini



Kalau Anda telah menggunakan Windows 10 selama bertahun-tahun atau belakangan ini baru saja di-upgrade, ada banyak tips ataupun trik lama dan baru yang bisa Anda pelajari. Trik ini akan membuat penggunaan laptop Anda menjadi lebih cepat dan lancar. Learning to be faster and more productive to use a laptop might be very good. *Cek laptop terbaru bisa berkunjung ke toko laptop online agres.id


Microsoft biasanya tidak mempublikasikan fitur-fitur tersembunyi seperti yang dilakukan Apple. Sehingga untuk mengetahui cara mendapatkan hasil yang maksimal dari mesin yang Anda gunakan hari demi hari menjadi sulit. Bahkan, belajar untuk upgrade ke Windows 10 gratis saja bisa begitu rumit. Anda mungkin ingin melakukan hal tersebut ini secepatnya, karena support Windows 7 telah berakhir pada Januari lalu.

Jadi, apa pun pelengkapan Microsoft, Dell, HP atau Windows 10 lainnya yang Anda miliki, tips cerdas ini akan membantu Anda tetap terorganisir dan membuat Anda menjadi lebih mahir. Plus, beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pembaruan Windows 10 Mei 2020 yang ter-update.


1. Meminimalkan Semua Windows Kecuali yang Aktif

Jika layar desktop terlalu penuh dan dibuat sesak dengan banyaknya Windows yang terbuka, Anda bisa meminimalkan (minimize) semuanya, kecuali yang sedang digunakan.

Cukup klik “title bar” yang ingin tetap Anda buka dan tahan (hold). Kemudian, gerakkan Windows tersebut ke atas dan bawah dengan cepat memakai mouse atau digoyangkan. Setelah digoyangkan, semua Windows yang terbuka lainnya akan di-minimize, hanya menyisakan satu Windows yang telah Anda guncangkan. Simpel bukan?


2. Membuka Menu Start ‘Rahasia’

Anda tentunya tahu, untuk masuk ke menu Start cukup dengan menekan ikon Windows di kiri bawah layar atau di keyboard. Namun, Windows 10 ternyata juga menyertakan menu Start kedua yang memungkinkan Anda untuk mengakses fitur-fitur penting seperti Command Prompt, Control Panel dan Task Manager agar menjadi lebih mudah.

Nah, Anda dapat mengaksesnya dengan dua cara, baik dengan menekan tombol “Windows + X”, atau klik kanan ikon Windows / tombol Start.


3. Buat ‘Event’ Tanpa Membuka Aplikasi Kalender

Pembaruan terbaru Windows 10 juga memungkinkan Anda menambahkan “Event” ke kalender dengan cepat dan langsung dari Taskbar, tanpa harus membuka aplikasi kalender sama sekali. Voici comment:


Pada bagian Taskbar, klik kotak dengan waktu dan tanggal (time and date) yang berada di sudut kanan. Klik tanggal yang ingin Anda jadwalkan untuk mengadakan acara. Masukkan nama acara, waktu, dan lokasi. Klik simpan. Acara tersebut nantinya akan muncul di aplikasi Kalender Anda di seluruh perangkat Anda.


4. Mengambil ‘Screenshot’ Dengan Cepat

Setidaknya ada delapan cara berbeda yang dapat Anda pakai untuk melakukan screenshot di Windows 10. Jika Anda ingin mengambil dan menyimpan gambar seluruh layar Anda, cara termudah adalah dengan menekan tombol Windows + tombol Print Screen, dan gambar itu nantinya akan disimpan ke folder Pictures > Screenshot.

Untuk menangkap hanya satu bagian dari layar Anda, tekan tombol Windows + Shift + S untuk membuka tools yang disebut Snip & Sketch, yang memungkinkan Anda untuk melakukan “click and drag” untuk melakukan screenshot, yang kemudian akan disimpan di Clipboard Anda.


5. Membuka ‘Program’ di Taskbar dengan Shortcut Keyboard

Jika Anda menyematkan (pinned) program ke Taskbar di bagian bawah layar untuk membuat shortcut, Anda tidak perlu mengklik ikon untuk membukanya. Sebagai gantinya, gunakan shortcut keyboard dengan klik tombol Windows + [Tombol angka], dengan tombol angka yang sesuai dengan posisi program pada Taskbar. Misalnya, tombol Windows + 2 akan membuka item kedua di Taskbar. Ini sangat berguna ketika Anda sedang asik mengetik dan tidak ingin mengangkat jari dari keyboard.


6. Temukan berapa banyak sisa ruang yang digunakan aplikasi yang digunakan

Komputer akan beroperasi lebih lambat karena mereka kekurangan ruang atau ruang. Salah satu cara untuk mempercepat adalah dengan menyingkirkan aplikasi yang menghabiskan lebih banyak ruang daripada sebaliknya, terutama jika Anda tidak menggunakannya secara teratur.

Untuk melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh aplikasi, buka Pengaturan> Sistem> Penyimpanan. Klik pada pemain yang ingin Anda cari (kemungkinan penyimpanan lokal, "PC ini"), dan kemudian klik aplikasi dan game untuk melihat daftar aplikasi yang diinstal pada mesin Anda dan penggunaan ruang. Anda tidak dapat menyingkirkan browser, tetapi Anda dapat menemukan aplikasi atau game yang belum pernah Anda gunakan selama bertahun-tahun. Ini adalah beban yang baik untuk dihilangkan.


7. Singkirkan iklan di menu Start

Saat menjalankan Windows 10 dengan pengaturan 'default', kadang-kadang dapat melihat aplikasi tepat di menu Start. Microsoft memanggil "saran" atau "saran", tetapi sebenarnya iklan untuk aplikasi Windows Store yang dapat Anda beli.

Untuk menghapus iklan pada Windows 10 Start Menu, buka Pengaturan> Kustomisasi> Mulai. Alihkan pengaturan ke posisi tidak aktif ke opsi saran sesekali di Startup.


8. Matikan aplikasi latar belakang (aplikasi latar belakang)

Aplikasi yang berfungsi di latar belakang (latar belakang) dapat menerima informasi, mengirim pemberitahuan dan selalu diperbarui, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya. Namun, ini juga dapat menghisap baterai dan data Anda, jika Anda terhubung melalui hotspot ponsel.

Untuk mengontrol aplikasi mana yang berfungsi di latar belakang dan menghemat baterai dan data, buka Pengaturan> Privasi> Aplikasi Latar Belakang. Untuk menghentikan semua aplikasi yang selalu berfungsi, matikan miring. Atau, Anda dapat memilih aplikasi mana yang akan berfungsi pada latar belakang satu per satu.


9. Gunakan latar belakang gulir

Dengan Windows 10, Anda dapat menggulir (gulir) dari atas ke bawah dan turun di mana saja. Ini adalah alat yang berguna ketika banyak jendela terbuka dan Anda ingin Anda melihat secara bersamaan. Misalnya, jika Anda ingin membuka opsi submenu baru di jendela baru untuk menghemat waktu Anda, klik "Kembali dan Fablier" di halaman yang sama.

Cobalah untuk membuka dua program, katakanlah di halaman browser internet dan notepad atau dokumen Word. Tetapkan keduanya di layar sehingga Anda dapat melihat setidaknya satu teks di setiap layar. Ketika Anda berada di jendela, arahkan mouse Anda atau gunakan touchpad untuk pindah ke jendela kedua dan gulir. Bahkan jika Anda tidak aktif di jendela ini, itu memungkinkan Anda untuk naik dan turun halaman.

Fitur-fiturnya harus diaktifkan secara default, tetapi sebaliknya, buka Pengaturan> Perangkat> Mouse dan sakelar aktif pada "Gulir Windows Tidak Aktif Ketika saya menantikan". Maka Anda dapat meletakkan mouse di atas jendela di latar belakang dan menggunakan roda gulir untuk menggulir.


10. Lihat "Ekstensi File" di File Explorer

Microsoft menutupi ekstensi file default. Ini tentu saja dapat membuat tugas orang yang perlu menemukan beberapa jenis file, seperti JPEG dan JPG. Untuk melihat ekstensi file di file explorer, ikuti langkah-langkah ini:


Buka "bilah pencarian" di bagian bawah layar dan ketik file opsi Explorer, lalu klik.

Setelah pop-up Windows muncul, klik tab Lihat.

Hapus centang pada kotak centang menunjukkan "Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal". Klik Terapkan dan OK. Anda sekarang akan melihat ekstensi file untuk semua file dalam file explorer.

Anda juga dapat menggunakan menu opsi file explorer untuk memilih untuk melihat drive kosong, file tersembunyi dan folder, dan sebagainya.


11. Kurangi gangguan pemberitahuan dengan bantuan "fokus"

Akan sangat membuat frustrasi jika Anda terganggu oleh pemberitahuan yang muncul ketika Anda bekerja. Nah, Anda dapat menentukan berapa banyak yang Anda inginkan menggunakan menggunakan fokus Windows 10, ditambahkan ke April 2018 pembaruan.


Tentukan di Pengaturan> Sistem> Bantuan Fokus. Pilih dari tiga opsi:

Off (dapatkan semua pemberitahuan aplikasi Anda dan kontak Anda),

Prioritas (hanya melihat pemberitahuan yang dipilih dari daftar prioritas yang Anda personalisasi) dan

Hanya alarm (sembunyikan semua pemberitahuan kecuali semua notifikasi, dengan pengecualian alarm).

Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan fitur ini secara otomatis untuk jam-jam tertentu atau ketika Anda memainkan game.


Baca artikel lainnya Klik Disini

6 views

Recent Posts

See All
bottom of page