top of page
Search
  • irhammaulanaagres

Mana yang lebih baik antara HDD dan SSD?



Mana yang lebih baik antara HDD dan SSD? | Bagi kamu yang mengerti tentang teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang bernama hardisk. Hardisk merupakan teknologi penyimpanan model baru yang ditemukan pertama kali oleh insinyur IBM bernama Reynold Johnson pada tahun 1956.


Pada saat pertama kali ditemukan, ukuran Hardisk ini besar dan kapasitas penyimpannya pun masih kecil, yakni sekitar 5 Mb saja. Beratnya sendiri sekitar 500kg, berbanding jauh dengan ukuran hardisk di era tahun 2000an.


Seiring berjalannya waktu, teknologi hardisk pun berkembang menjadi lebih baik lagi. Kini hardisk yang sebelumnya bernama HDD (Hard Disk Drive) telah muncul generasi terbarunya bernama SSD (Solid State Drive).


Nah, pada kesempatan kali ini Agreside akan coba membahas tentang mana yang lebih baik antara HDD dan SSD. Namun sebelum kami bahas lebih lanjut tentang perbedaan dari HDD dan SSD ini, terlebih dahulu akan kami bahas tentang apa itu SSD.


Sebenarnya apa itu SSD?


SSD (Solid State Drive) merupakan teknologi penyimpanan komputer versi terbaru yang mana secara fungsi lebih baik dari Hardisk versi sebelumnya (HDD). SSD dikatakan lebih baik dikarenakan struktur mesinnya berbeda dengan HDD. Jika HDD menggunakan piringan sebagai media penyimpanan data, SSD menggunakan sekumpulan chip untuk menyimpan data.


Baca Juga :

Dari sini sudah bisa terlihat perbedaanya bukan, dengan menggunakan sekumpulan chip artinya pemrosesan data akan jauh lebih cepat karena tidak perlu melewati proses seperti memutar piringan terlebih dahulu. Selain lebih cepat, pastinya lebih hemat energi karena tidak memerlukan daya listrik yang berlebih untuk memutar piringan tersebut.


Kelebihan SSD jika dibandingkan dengan HDD

Meski beberapa kelebihan sudah kami bahas di atas, namun kami akan coba bahas lebih lengkap lagi pada bagian ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan SSD sebagai teknologi media penyimpanan komputermu.


1. Tidak Mengeluarkan Suara yang Berisik


Kelebihan pertama dari SSD jika dibandingkan dengan HDD adalah pada saat perangkat keras ini bekerja tidak mengeluarkan suara sama sekali. Berbeda dengan HDD yang mengeluarkan suara karena kencangnya piringan yang berputar.


2. Lebih Cepat dalam Membaca dan Menulis Data


SSD memiliki kecepatan kurang lebih 10x lebih cepat dibandingkan dengan Hardisk biasa pada umumnya. Dengan kecepatan seperti ini, maka proses membaca atau menulis data seperti copy paste file atau proses booting pada saat menyalakan komputer jadi lebih cepat.


3. Lebih Ringan dari HDD biasa


Dalam ukuran bentuk pun SSD lebih unggul dibanding hardisk. Ukuran SSD lebih kecil 1 inchi dibandingkan Hardisk. Tidak hanya itu saja, karena SSD ini tidak menggunakan piringan maka beratnya pun lebih ringan jika dibandingkan dengan HDD. Sangat cocok sekali jika digunakan untuk laptop yang sering dibawa berpergian agar tidak terlalu berat.


Kesimpulannya SSD jauh lebih baik dari HDD karena lebih cepat dalam melakukan proses transfer dan penulisan data. Sehingga jika kamu menjalankan program berat sekalipun akan terasa enteng jika menggunakan SSD ini.


Baca Juga :



Jadi, sampai sini kamu sudah paham kan tentang mana yang lebih baik antara HDD dan SSD? Tentu semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kamu menginginkan media penyimpanan komputer yang murah dan berkapasitas besar, maka HDD adalah pilihan yang tepat untukmu. Namun jika kamu membutuhkan media penyimpanan yang bisa bekerja secara cepat serta merubah performa laptopmu untuk menjadi lebih cepat lagi, maka SSD adalah jawabannya.


Sebagai informasi tambahan, bagi kamu yang saat ini ingin membeli laptop baru yang sudah menggunakan media penyimpanan SSD, kamu bisa mendapatkannya di toko laptop online AGRES.ID ya. Untuk belanja di toko online AGRES.ID kamu bisa langsung mengunjungi webnya di www.agres.id atau bisa juga menghubungi Customer Servicenya langsung untuk dibantu.


Apabila kamu ingin dibantu oleh Customer Service AGRES.ID untuk melakukan pembelian laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu, bisa hubungi nomor berikut via Whatsapp atau Telepon ya : 0812-9700-9700


Tetap Terhubung dengan AGRES.ID di sini :


5 views
bottom of page